Jembatan Pelangi Bangunan Kekinian di Kota Bandung

Bandung1.com/Bandung KOTA BANDUNG merupakan salah satu kota yang mempunyai banyak bangunan dengan arsitektur art deco. Bukan hanya kaya dengan bangunan kuno bergaya art deco, namuan saat ini kota berjuluk Parijs van Java ini terkenal sebagai kota yang memiliki banyak bangunan unik dengan gaya kekinian.

Salah satu bangunan unik bergaya kekinian adalah jembatan membelah persimpangan Jalan Jakarta–Ibrahim Ajie. Jembatan ini diberi nama Jembatan Pelangi.
Disebut pelangi karena jembatan ini dihiasi lukisan abstrak ciamik karya seniman asal Bandung, John Martono. Lukisan tersebut merupakan perpaduan seni mural dan mozaik keramik yang memiliki nilai artistik tinggi.
Gradasi warna yang menghiasi tiga terowongan jembatan ini juga membuat Jembatan Layang Antapani semakin memikat.
Selain unik, Jembatan Antapani juga dibangun dengan inovasi teknologi terbaru, yakni Corrugated Mortarbusa Pusjatan (CMP). Ini pertamakalinya teknlogi CMP digunakan di Indonesia.
Dengan teknologi ini, masa kontruksi yang biasanya memakan waktu hingga 12 bulan bisa dipangkas menjadi 6 bulan. Kelebihan lainnya adalah, biaya pembangunan flyover sepanjang 440 meter itu bisa dipangkas hingga 65 persen.
Sejak diresmikan pada pada Januari 2017, jembatan ini sudah menjadi salah satu ikon Kota Bandung. (Zho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *